Mengenal lebih baik Customer Anda

 Bagaimana kita mengenal lebih baik calon pembeli atau calon kustomer anda ? Apa yang harus kita lakukan ?

Ketika kita mempunyai produk atau jasa. Kita harus bisa pastikan produk kita bisa mencapai kepada kustomer yang kita inginkan. Untuk itu kita harus bisa men-targetkan kustomer kita secara detil, yaitu dimana kita lebih mengenal dari sisi dimana lokasi kustomer kita tinggal (demographics), bagaimana kustomer kita bersikap (behavior patterns), apa yang membuat kustomer kita bersemangat (passion dan motivation) dan terakhir apa yang menjadi tujuan dari kustomer kita (goals).

Kita dapat mengetahui dan mempelajari hal ini melalui media digital. Ada beberapa tools yang cukup membantu dalam mempelajari hal ini. Seperti Google Analytics (https://analytics.google.com/), Crazyegg.com, Piwik.com, dan masih banyak lagi bisa di cek di http://www.practicalecommerce.com/22-Analytics-Tools-for-Online-Businesses .

Masih ingat dengan 2 tulisan sebelumnya ? Cara Mudah Dan Cepat Belajar Marketing Digital Atau Online Marketing dan Belum dapat untung di online ? Coba cek lagi Goal Anda !  . Waktu itu catatan google Analytics dewanstudio.com mencapai 38 visitor. Nah, bagaimana dengan hari ini ?

Beberapa hal efek penurunan dikarenakan beberapa tulisan belum mengenai dari user yang dituju. Hal ini menjadi catatan bagi tim dewanstudio. Akan tetapi dilain sisi Session duration mengalami perbaikan lebih baik daripada sebelumnya naik 0,2% artinya pembaca mulai mengerti dan menyukai untuk membaca topik-topik ada di dewanstudio.com. dan bounce rate menjadi 12%. Ini sangat bagus. Kita memantau visitor kami, dengan google analytics ini membantu kami mengetahui lebih banyak mengenai hal apa saja kami bisa berikan kepada pembaca website kami. Untuk hal ini kami mempunyai ramuan yang cukup manjur untuk dipelajari.

Hal itu adalah :

Gunakan Pertanyaan

Identifikasi pertanyaan untuk diajukan guna mengembangkan kepribadian kustomer anda.

Brand Anda :

    • Apakah brand anda ?
    • Kenapa ada Brand anda ?
    • Apa Visi Brand Anda ?
    • Apa Misi Brand Anda ?
    • Apa yang anda lakukan ?
    • Apakah yang membuat anda berbeda dengan brand lainnya ?
    • Bagaimana posisi brand anda di pasar anda ?

Pelanggan Anda :

    • Siapa rata-rata Pembeli / Pelanggan Anda ?
    • Dimana lokasi Pembeli / Pelanggan Anda ?
    • Apa Pekerjaan Pembeli / Pelanggan Anda ?
    • Apakah status Pembeli / Pelanggan Anda ?
    • Berapa Umur rata-rata Pembeli / Pelanggan Anda ?
    • Apakah yang di inginkan oleh Pembeli / Pelanggan Anda ?  Solusi apa yang brand anda bisa lakukan untuk pelanggan anda ?
    • Bagaimana mengetahui Brand Anda ? Melalui Media apa ?
    • Apakah yang dipikirkan oleh kebanyakan orang pada umumnya ketika melihat brand anda ? Apa yang membuat Brand Anda mengagumkan?

Kompetitor Anda :

    • Siapakah kompetitor anda ?
    • Bagaimana posisi Kompetitor Anda di pasar anda ?
    • Berapa jumlah kompetitor Anda disekitar Anda?
    • Bagaimana Anda mengatasi Kompetitor Anda ?
    • Apa kelebihan Kompetitor Anda?
    • Apa yang dapat memenangkan Kompetitor Anda dalam penjualan dan pemasaran di pasar anda ?

Lakukan beberapa perubahan pertanyaan apabila disesuaikan dengan kebutuhan kustomer anda.

Misalnya untuk salah satu klien kami : http://jalanjajansingapura.com/

Pertanyaan tambahan yang diajukan seperti :

Bagaimana kehidupan di Singapura ?
Bagaimana traveler bisa menjangkau ke Singapura ?
Dan apa saja traveler bisa lakukan di Singapura?
Apa rencana anda ketika liburan tiba ?
Apakah ada yang bisa bantu bagi travel mendapatkan diskon dan harga lebih murah ?
Apa pengalaman anda sebagai travel agent ?
Berapa biaya yang terjangkau untuk bisa jalan jalan di Singapura ?

Dan lain sebagainya.

Hal tersebut akan membantu anda lebih mengetahui siapa target dari kustomer atau calon pembeli anda. Semakin spesifik, maka semakin mudah anda menjual produk dan jasa anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukses di Era Digital Dengan Personal Branding

Jasa Pembuatan Website Properti